Senin, 04 Juni 2012

Ide Belajar Di Rumah : Tebak Arti Kata (Permainan Kamus)

Permainan ini biasa kami mainkan saat semua anggota keluarga berkumpul, misalnya setelah makan malam atau di akhir pekan. Kami semua membentuk dua tim atau kadang-kadang masing-masing dari kami menjadi peserta secara individual dengan satu orang menjadi "pembawa acara / host nya. 

Cara bermainnya sangat sederhana. Mula-mula host akan mencari satu kata dalam kamus (bisa kamus besar bahasa Indonesia atau kamus bahasa asing, misalnya bahasa Inggris , Arab atau Spanyol) yang terdengar menarik dan mengucapkannya keras-keras. Setiap peserta harus menebak arti dari kata  tersebut tanpa bantuan apa pun. Lamanya waktu untuk menebak arti kata ini ditentukan, misalnya 2 menit per kata, dan setiap peserta boleh menebak sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu tersebut. Siapa yang menebak dengan arti yang paling mendekati arti sebenarnya akan keluar sebagai pemenang. 

Kadang-kadang, kami menetapkan aturan yang sedikit berbeda untuk menentukan pemenang, misalnya saja, siapa yang menebak arti kata dengan arti yang paling lucu dialah yang menang ^^..Untuk menghentikan permainan, host tentu saja akan membacakan arti kata yang sebenarnya, dan kami semua pada akhirnya sama-sama belajar kosa kata baru..yeayy...that's fun..^^..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar