Jumat, 22 Juni 2012

Ide Belajar Di Rumah : Juru Tulis Bunda

 daftar bacaan yang di baca oleh ayomi setiap hari, sekarang ia sudah bisa mengisi daftar ini sendiri ^^

Apa anak-anak di rumah senang belajar menulis? Syukurlah, jika demikian ^^. Dulu, sewaktu putri saya Ayomi belajar menulis, ia agak susah jika diminta berlatih menulis kata-kata di buku tulis atau menulis di atas kertas polos. Mungkin kesannya terlalu beraroma "belajar", sehingga ia merasa agak malas. Untuk menyiasatinya, saya iseng-iseng memberinya "tugas" membantu saya, jika kebetulan ada yang perlu saya tulis. Catatan yang paling sering saya buat adalah daftar belanjaan sehari-hari dan sesekali resep masakan yang saya salin dari website atau catatan teman. Untuk daftar belanja, saya biasamenuliskannya dalam buku catatan kecil yang saya bawa kemana-mana, sementara untuk resep-resep sederhana, sekalipun lebih mudah bagi saya untuk mencetaknya, saya lebih sering menuliskannya dengan tangan dalam bentuk catatan dengan bentuk tulisan yang hanya bisa dimengerti oleh saya :D. 

Melihat bundanya membuat daftar belanja, Ayomi rupanya tertarik, terutama karena ia membayangkan akan saya ajak ikut serta berbelanja ke supermarket. Untuk mencatat resep, ia jauh lebih tertarik, karena sudah membayangkan adegan memasak, memanggang kue dan aksi cicip mencicipnya..:p. Jadilah, setiap kali ada kesempatan, saya memintanya menuliskan daftar barang belanjaan atau resep masakan. Saya menyebutkan nama atau kata nya, dan ia menuliskannya di dalam buku catatan kecil atau selembar kertas, jadi seperti metode imla (dikte). 
Mula-mula, karena ia belum bisa mengeja dengan benar, saya akan menyebutkan satu-satu hurufnya dan ia menuliskannya  :D. Lama? tentu saja..tapi itu lebih baik buat saya, karena secara nggak sadar si kecil saya sudah mau melatih tulisan tangannya. 

Sekarang, Ayomi sudah jauh lebih baik dalam menulis, meskipun masih sesekali salah mengeja kata-kata, saya membiarkannya dan memberitahukannya untuk memperbaiki di lain waktu. Yang terpenting bagi saya adalah ia jadi suka menulis dengan tangan, bahkan, sekarang tanpa saya memintanya, ia suka menuliskan pengalamannya di buku catatan yang saya belikan untuknya serta sudah bisa mengisi sendiri daftar buku bacaan yang dibacanya sehari-hari. Yepp..tetap setia dengan moto kami dalam belajar...from the little things big things grow..^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar