Senin, 31 Desember 2012

Main-Main Matematika : Mata-Mata Cilik

Anak-anak saya di rumah suka sekali bermain "I Spy" alias "Mata-mata cilik". Permainan tanpa alat yang sama sekali tak rumit tapi tahan mereka mainkan berlama-lama. Sarananya semata-mata hanya mengandalkan pengamatan dan kata-kata saja.

Permainan kata-kata ini dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mereka mengenali bentuk dan warna. Saat kita ajak anak-anak berjalan-jalan ke taman bermain misalnya atau di dalam rumah sendiri, katakan " Dengan mata kecilku aku melihat sesuatu dengan bentuk ......lingkaran." Seketika, anak-anak akan melihat sekeliling ruangan dan mencari bentuk lingkaran pertama yang dapat mereka temui. Lalu mereka akan berlomba menyebutkannya, misalnya "jam dinding, karpet, alas gelas," dan sebagainya.

Begitu seterusnya, dengan pertanyaan yang tak habis-habis mengenai bentuk dan warna, terkadang juga saya kombinasikan dengan jumlah benda, atau huruf tertentu yang bisa ditemukan. Anak-anak selalu senang mencari dan menebak dimana gerangan benda yang saya sebutkan itu berada ^^.

Sesekali kita minta mereka yang menyebutkan bendanya dan ganti kita yang harus mencari dan menebak.Main-main sederhana selalu bisa dijadikan kesempatan berinteraksi akrab dengan si kecil dan tentu saja momen belajar yang menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar