Jumat, 09 Maret 2012

Satu Hari Satu Buku (Saat Ayomi Mulai Suka Membaca)

"Bunda, aku suka membaca, sungguhan deh.." seru Ayomi suatu sore. Dihadapannya terbuka sebuah buku tipis, mungkin isinya cuma beberapa lembar saja, tapi sedari tadi saya mendengarkan dia sudah membacanya berulang kali. Saya tersenyum dan mengacungkan ibu jari kanan tanda salut dan senang mendengar berita gembira itu. Saya lihat dia kembali menekuri buku ceritanya dan membacanya perlahan-lahan. Semakin diulang semakin lancar, Alhamdulillah.

Sejak tertarik belajar membaca, Ayomi memang langsung suka berdekatan dengan buku-buku. Dahulu, sekalipun ia belum bisa membacanya sendiri, ia suka "pura-pura" membacanya dengan tekun. Bibirnya akan bergerak-gerak menirukan cara saya, kakak Vianka atau ayahnya saat sedang serius membaca ^^. Lama kelamaan dia mulai mempraktikan pelajaran jollyphonics nya. Setiap kali ia mengenali suara (sound) dari huruf ia akan mencari huruf dimaksud dari buku-buku yang ditemuinya di rumah lalu membacanya ala jollyphonics, begitu terus menerus hingga akhirnya ia bisa membaca satu kata. Mula-mula satu, karena ia rajin "berburu" huruf lama kelamaan makin banyak kata-kata dalam buku yang bisa dibacanya sendiri.

Sekarang setelah ia "lumayan" lancar membaca, kami berusaha mendukung minatnya pada buku dan bacaan dengan menyediakan sebanyak mungkin bahan bacaan. Setiap hari ia akan memilih satu buku sesuai minatnya, atau kadang kami pilihkan satu buku menarik buat dibacanya sendiri. Jangan bayangkan buku yang dibaca Ayomi adalah buku-buku yang berat isinya ya..namanya juga sedng belajar, buku yang kami  sediakan untuk Ayomi adalah buku bacaan level 1 sampai level 4 (Lihat juga tulisan mengenai Level Bacaan). Isi bukunya biasanya tentang hal-hal sederhana dan hanya terdiri dari 10-15  halaman saja, tak lupa dalam buku terdapat gambar-gambar yang menarik terutama untuk anak-anak seusia Ayomi. Tak heran, sekarang ini ia mulai terbiasa membaca minimal satu buku setiap hari. Setiap selesai membaca satu buku, ia akan menuliskan judul bukunya di dalam daftar (reading log) atau meminta saya menuliskannya disitu, setelah itu saya akan membubuhkan paraf di kolom yang tersedia.


Reading Log (Daftar Buku yang DIbaca Ayomi Setiap Hari)

Dengan cara ini, kami jadi tahu bahwa Ayomi telah selesai membaca buku-buku yang kami sediakan, tambahan pula, kami jadi tahu jika stok buku bacaannya mulai menipis ^^. O ya, setiap kali membaca, Ayomi wajib membacanya dengan suara keras (reading loud ) dengan saya, kakak atau ayah sebagai pendampingnya, sehingga apabila terdapat kesalahan pengucapan atau ejaan, kami bisa langsung memberitahunya dan membetulkannya saat itu juga.

Dengan cara ini, Alhamdulillah Ayomi makin lancar dan mulai bisa memahami isi setiap bacaan, jadi membacanya bukan semata-mata membaca di bibir saja..^^..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar